Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Karet Anjlok Bukan Karena Pengaruh Ekonomi Global

  • Oleh James Donny
  • 24 Februari 2018 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Harga karet yang anjlok bukan karena pengaruh ekonomi global. Melainkan karena rendahnya mutu atau kualitas karet jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia, Vietnam dan Thailand.

Selain kualitas, tataniaga karet yang buruk juga menjadi faktor penyebab harga karet anjlok. Hal itu diungkapkan Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Tiswanda Sekretariat Daerah Kabupaten Pulang Pisau, Sabtu (24/2/2018).

"Salah satu permasalahan yang dihadapi petani karet adalah anjloknya harga karet di tingkat petani dalam beberapa tahun terakhir ini," kata Tiswanda kepada wartawan.

Menurutnya, Kabupaten Pulang Pisau dengan luas sekitar 899.700 hektare merupakan wilayah yang usaha masyarakatnya tumbuh dan berkembang pada sektor pertanian, perkebunan dan perikanan.

"Salah satu potensi pada sektor pertanian sub sektor perkebunan adalah komoditi tanaman karet rakyat dengan luas kurang lebih 41.422 hektare, baik berada dalam status kawasan hutan maupun di luar kawasan hutan, yang merupakan sumber mata pencaharian pokok masyarakat di tujuh kecamatan dari delapan kecamatan yang ada," terangnya. (JAMES DONNY/B-2)

Berita Terbaru