Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Kotim Bahas Perencanaan BOK 2018

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Februari 2018 - 16:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) membahas perencanaan penyusunan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) 2018 yang ditujukan kepada sejumlah puskesmas, Senin (26/2/2018).

Kegiatan itu digelar di Aula Dinkes yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit dan dihadiri para kepala puskesmas di Kotim.

"Pembahasan ini kami lakukan untuk sosialisasi perencanaan BOK 2018. Dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dan menyingkronisasikan administrasi kegiatan BOK supaya dapat terlaksana dengan baik," ujar Kepala Dinkes Kotim Faisal Novendra Cahyanto.

Ia melanjutkan, pertemuan itu membahas BOK untuk setiap puskesmas pada 2018 mendatang. Yang mana BOK diperuntukan untuk pembangunan fisik dan non fisik puskesmas. Jadi dananya akan masuk ke puskesmas dan dikelola langsung oleh pihak puskesmas.

Untuk dana non fisik antara lain pembiayaan pembimbingan dan honorarium. Semuanya diatur sesuai dengan peruntukannya. Sedangkan dana fisik untuk perlengkapan fasilitas puskesmas yang saat ini masih kurang dan sangat diperlukan.

"BOK sudah diatur dan terbit dalam Kemenkes No 61 Tahun 2017. Maka diharapkan bisa diterapkan untuk meningkatkan kinerja di bidang kesehatan di Kotim ini," kata Faisal.

Dalam penerapan itu memang sedikit ada kendala, terutama sumber daya manusia (SDM) yang masih kekurangan di setiap puskesmas. Sehingga mereka harus bekerja ekstra menyenergikan program BOK dan program lain, seperti pelayanan masyarakat yakni rawat inap, imunisasi, rawat jalan, KB, diare, rawat jalan, serta rawat inap, yang selama ini sudah berjalan di puskesmas. 

"Ini harus dimanfaatkan dengan baik guna mencapai pelayanan kesehatan yang baik," harap Faisal. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru