Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perwakilan Koperasi di Kobar Ikuti Sosialisasi Koperasi Berprestasi

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 27 Februari 2018 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan sosialisasi koperasi berprestasi. Sosialisasi tersebut diikuti oleh 30 perwakilan dari setiap koperasi di Kobar.

"Koperasi yang berprestasi itu merupakan koperasi yang memiliki prestasi dalam pencapaian kinerjanya. Hal itu dapat dilihat dari aspek organisasi, aspek tatalaksana dan manajemen, produktivitas, dan dapat memberi manfaat," kata Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi Restuningsih, Selasa (27/2/2018).

Restuningsih menjelaskan, tujuan dari koperasi berprestasi ini untuk memotivasi koperasi agar dapat berfungsi sebagai lembaga ekonomi yang mampu meningkatkan pendapatan anggota dan masyarakat. Sasarannya koperasi berprestasi meliputi koperasi simpan pinjam, koperasi kelompok konsumen dan koperasi kelompok produsen.

"Dalam penilaiannya, memiliki syarat-syarat seperti koperasi primer yang memiliki badan hukum dan belum pernah mendapatkan predikat selama dua tahun sebelumnya. Memiliki nomor wajib pajak (NPWP) dan perizinan yang terkait, dan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dilaksanakan minimal dua tahun berturut-turut serta paling telat dalam RAT itu tiga bulan setelah tutup tahun buku," ucapnya.

Retuningsih menambahkan, koperasi memiliki uraian tugas dan pembagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang ditetapkan dalam bentuk surat keputusan pengurus. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru