Tinggal Tunjukkan KTP, Bersalin di Puskesmas Gratis!

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 13 Maret 2018 - 09:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat Kotawaringin Timur (Kotim) patut bersyukur, karena bagi siapa saja yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) kabupaten ini, maka untuk bersalin akan dilayani secara gratis di puskesmas yang ada di daerah ini. 

"Saya mengimbau, bagi yang sedang hamil dan ingin melahirkan maka datang saja ke puskesmas  karena di sini bersalin gratis, tinggal tunjukkkan KTP sesuai domisili," ujar Bupati Kotim Supian Hadi, Selasa (13/3/2018). 

Bupati mengungkapkan, hal tersebut dilakukan di sejumlah puskesmas yang baik yang saat ini sudah siap memberikan pelayanan maupun yang masih dalam tahap pembangunan dan perlengkapan peralatannya.

Seperti di dalam kota yakni Puskesmas Baamang I dan II, serta Puskesmas Ketapang I dan II, saat ini sudah operasional. 

Di puskesmas tersebut dilengkapi peralatan dan ruangan. Sehingga sudah bisa melayani dengan baik. Namun bagi yang tinggal di luar kota juga bisa di puskesmas yang ada di dekat daerah tersebut. 

"Jadi masyarakat jangan khawatir tidak memiliki biaya lagi saat melahirkan, karena kami berikan gratis," kata Supian. 

Adanya hal tersebut dilakukan, guna menghindari terjadinya kematian ibu dan anak saat melahirkan. Karena selama ini ada saja yang menggunakan bidan kampung atau tukang urut untuk melaksanakan proses lahiran. Padahal hal itu lebih rentan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Adanya hal tersebut terjadi, dikarenakan ekonomi yang kurang mampu. Sehingga dengan terpaksa menggunakan jasa tukang urut. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru