Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jeruk, Tanaman Yang Paling Banyak Dibudidayakan Masyarakat Sukamara

  • Oleh Norhasanah
  • 06 April 2018 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Jeruk merupakan salah satu jenis tanaman yang paling banyak dibudidayakan masyarakat. Berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara ada sebanyak 60.580 batang pohon jeruk yang ditanam petani.

"Jenis tanaman buah-buahan memang banyak dari jenis jeruk, dimana tanaman ini lebih banyak berada di Kecamatan Jelai dengan jumlah sebanyak 58.212 batang tanaman," ujar Kepala DKPP Sukamara Irlan Kodriansyah, Jumat (6/4/2018).

Lanjutnya, sementara untuk Kecamatan Sukamara jumlah tanaman jeruk sebanyak 1.500 batang tanaman dan sisanya di Kecamatan Balai Riam dengan jumlah  868 rumpun.

"Di Kecamatan Jelai buah jeruk banyak ditanam di Desa Pulau Nibung, dimana desa ini merupakan penghasil jeruk terbesar di Kabupaten Sukamara, bahkan hasilnya juga sudah dijual hingga keluar daerah," ujarnya.

Dirinya berharap, untuk tanaman buah jenis lainnya juga bisa dikembangkan oleh petani, mengingat tanah yang dimiliki cukup subur.

"Untuk tanaman buah-buahan lainya yang terdata di dinas adalah rambutan, nanas, durian, mangga dan beberapa jenis tanaman lainnya," ujar Irlan. (NORHASANAH/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru