Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Sampit-Ujung Pandaran Rusak Akibat Sering Dilintasi Tronton Pengangkut Kelapa

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 12 April 2018 - 05:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Kerusakan jalan dari Kota Sampit menuju Pantai Ujung Pandaran, terutama di Jalan HM Arsyad, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, ditenggarai terjadi akibat sering dilintasi angkutan besar yang membawa buah kelapa.

Dari informasi warga, angkutan kelapa itu biasanya melintas tiga kali dalam sepekan.

"Sebelumnya jalan dari Desa Parebok menuju Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, ini bagus dan mulus. Namun karena terlalu sering dilintasi truk tronton yang membawa petik emas dengan isi kelapa, membuat jalan rusak," ujar Wahab, warga Desa Basawang, Rabu (11/4/2018).

Wahab menyebutkan, jumlah kelapa yang diangkut dalam peti kemas mencapai 10 ribu biji. Sehingga beratnya bisa lebih dari 8 ton. Sedangkan kapasitas Jalan HM Arsyad hanya di bawah 8 ton.

"Kalau hanya memuat kelapa dengan truk biasa, mungkin jalan tidak cepat rusak. Karena beratnya masih sesuai dengan beban jalan. Namun karena lebih, hal itulah yang membuat jalan di wilayah selatan ini rusak," sebut Wahab.

Dari pantauan Borneonews, kerusakan jalan dari Kota Sampit menuju Pantai Ujung Pandaran memang semakin parah. Badan jalan banyak dihiasi lubang cukup dalam dengan jarak berdekatan. Badan jalan yang rusak bahkan bisa mencapai 5 kilometer. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru