Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Patroli Antisipasi Gepeng Harus Diperketat Jelang Puasa

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 16 April 2018 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat, Siti Mukaramah mengharapkan sebelum menjelang puasa anggota Satpol-PP harus rutin melakukan patroli untuk antisipasi gelandangan dan pengemis (Gepeng).

"Kita jangan membuka celah untuk gepeng beroperasi ini karena mereka yang biasa operasi di Kotawaringin Barat kebanyakan berasal dari daerah lain. Mereka berani datang ke sini yang pertama karena saingannya sedikit dan di sini orang biasanya memberi minimal Rp2.000 sampai Rp5.000 kepada gepeng," kata  Siti Mukaramah, Senin (16/4/2018).

Ia melihat para Gepeng biasanya pandai berakting saat mengemis, misalnya berjalan dengan sehat, tapi pas ditangkap Satpol-PP malah pura-pura pincang.

Mereka cenderung malas untuk mencari perkerjaan yang layak, sehingga mereka lebih memilih mengemis sebagai perkerjaan.

"Kita memiliki rasa iba untuk membantu sesama, tapi yang dimanfaatkan oleh pengemis tadi meraup keuntungan, sehingga kita harus menetralkan tempat-tempat yang biasa dijadikan mereka sebagai tempat untuk mengemis," ucapnya.

Ia juga melihat penampilan yang mereka bikin itu tidak mencerminkan sifat aslinya. Karena yang mengemis itu biasanya orang-orangnya masih dalam kondisi sehat dan ada juga yang masih muda. (HARDI/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru