Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Berperan Dorong Kebangkitan UMKM

  • Oleh Penulis Opini
  • 19 April 2018 - 01:30 WIB

BORNEONEWS- Dari tahun ke tahun, jumlah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Indonesia terus meningkat. Hal ini didapatkan dari data Kementerian Koperasi dan UKM yang pada 2014 menunjukkan jika terdapat sekitar 57,8 juta UMKM di Indonesia. Pada 2017, jumlah itu meningkat dan diperkirakan akan terus bertambah di tahun yang akan datang.

Beberapa tahun belakangan ini, jumlah populasi penduduk yang berusia produktif semakin bertambah bila dibandingkan dengan lapangan kerja yang ada di Indonesia.

Sehingga hal ini memicu banyaknya masyarakat Indonesia yang menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Sebagian besar mencoba untuk berkecimpung dalam dunia UMKM.

Sehingga dapat dikatakan jika UMKM memiliki peran yang cukup penting dan strategis dalam membangun ekonomi nasional. Dan tak hanya itu, peran UMKM juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta menyerap tenaga-tenaga kerja. Sehingga berkurangnya angka penganguran di Indonesia.

Selama ini, UMKM telah berkontribusi dengan memberikan sekitar 57%-60% produk domestic bruto dan menyerap tenaga kerja hingga 97% dari jumlah tenaga kerja nasional.

Selain itu, UMKM tidak terpengaruh pada krisis. Saat krisis terjadi di tahun 1997-1998, hanya UMKM yang masih berdiri kokoh.

Menurut data yang tertera pada Badan Pusat Statistik, pascakrisis yang terjadi di tahun 1997-1998 tidak memperlihatkan jika jumlah UMKM di Indonesia berkurang bahkan sebalik terus meningkat.

Dapat disimpulkan jika UMKM memiliki daya tahan yang cukup tinggi untuk dapat menopang perekonomian negara, meski kondisi negara dalam krisis global sekalipun.

Untuk itu persoalan mengenai UMKM menjadi topik hangat yang dirumuskan dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Perhatian tinggi yang diberikan pemerintah terhadap pelaku UMKM merupakan wujud dari upaya pemerintah dalam menyangga perekonomian rakyat kecil.

Berita Terbaru