Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Berharap Setiap Desa Miliki Kelompok Toga

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 19 April 2018 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berharap di setiap desa ada kelompok tanaman obat keluarga (toga).

Kelompok toga terdiri dari 10 orang, yang mana setiap orang harus menanam minimal lima tanaman obat berbeda.

"Toga tersebut dimanfaatkan bukan untuk dijual tetapi untuk penyehatan keluarga dari desa tersebut. Manfaat obat tersebut untuk meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, serta pengobatan ringan," kata Kasi Pelayanan Tradisional Dinas Kesehatan Kobar Mamad Syahruni, Kamis (19/4/2018).

Jadi, saat warga memerlukan tanaman herbal seperti jahe, bisa didapatkannya di kelompok toga tanpa harus mencari di tempat lain.

Program toga sebenrnya sudah ada sejak lama dan hanya fokus pada sisi penanaman. Namun, sekarang sudah mulai digalakkan lagi dari sisi pemanfaatannya.

"Untuk sekarang toga ini ada lombanya di tingkat nasional. Nama lombanya kelompok pemanfaaatan toga. Lomba ini dibedakan berdasarkan tempat. Seperti perkotaan dan perdesaan. Dulu juga ada lomba asuhan mandiri pemanfaatan toga yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan," ucapnya.

Tujuan dari toga ialah untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan obat-obatan herbal yang bisa didapatkan di lingkungan sekitar atau di pekarangan. (SARJITO/B-3)

Berita Terbaru