Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Sejarah Singkat CBI Group

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 22 April 2018 - 06:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - CEO Citra Borneo Indah (CBI) Group Rimbun Situmorang mengajak para karyawan untuk lebih mengenal sejarah CBI dengan lebih dekat. CBI pada awalnya hanyalah berbisnis di bidang forestry biasa.

"Kita dulu mencoba menekuni bisnis pertama yaitu forestry. Forestry  menjadi cikal bakal dari semua perusahaan yang kita miliki pada saat ini," tandas Rimbun saat menyampaikan ini di hadapan ratusan peserta  Commited To Success (CTS) Staf 2018 yang digelar oleh Citra Borneo Indah (CBI) Group di Ballroom Swissbellhotel Pangkalan Bun, Sabtu (21/4/2018).

Secara tertulis, imbuh Rimbun,  usaha bidang  forestry terbentuk sejak tahun 1972. "Tetapi secara operasional tidak beroperasi pada tahun itu," imbuh dia.

Group forestry sekarang ada empat, salah satunya PT Central Kalimantan Abadi. Di bidang ini CBI memiliki satu industri yang saat ini sudah direlokasi yang berada di Surabaya.

Untuk menunjang bisnis waktu itu, Owner CBI, memberi usulan untuk memiliki kapal agar mempercepat semua produk yang dimiliki bisa sampai kepada konsumen.

"Semua bisnis terbentuk pasti ada tujuannya, agar bisa mendukung antara bisnis yang satu dengan lainnya," tandas Rimbun.

Selain itu, manajemen kemudian memikirkan berbuat sesuatu untuk masyarakat. Sehingga berdirilah bank swasta, yakni BPR (Bank Perkreditan Rakyat). "Bank tersebut tercipta untuk berbaur dengan masyarakat bawah," imbuh Rimbun.

Kini, CBI Group sudah merambah ke bidang lainnya, yakni perkebunan kelapa sawit. Pada awalnya pun, mendirikan kebun hanya sekedar hobi saja dan belum menjadi bisnis.

Namun saat ini perkebunan di perusahaan ini sudah dibuat secara organik sehingga secara kualitas bisa dikontrol. (HARDI/B-5)

Berita Terbaru