Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Harapkan Rekomendasi Dijadikan Referensi dan Bahan Evaluasi

  • Oleh Ramadani
  • 24 April 2018 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh– DPRD Kabupaten Barito Utara menyampaikan rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Tahun Anggaran 2017.

“Diharapkan rekomendasi yang diberikan oleh DPRD Barito Utara ini dapat dijadikan referensi dan bahan evaluasi bagi bupati  dalam menetapkan, menyusun, dan melaksanakan kebijakan, strategi, dan prioritas pembangunan daerah dengan mengutamakan asas manfaat dalam rangka percepatan pembangunan di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan," kata Ketua Komisi III DPRD Barito Utara Tajeri dalam Sidang Paripurna, Senin (23/4/2018).

Menurut Tejeri, berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD, selaku wakil rakyat di daerah, DPRD Kabupaten Barito Utara diberi mandat untuk melaksanakan tri fungsi yang terdiri dari fungsi anggaran, legislasi, dan pengawasan.

Sebagai salah satu wujud dan implementasi dari tri fungsi DPRD tersebut, maka DPRD Kabupaten Barito Utara berhak dan berkewajiban dan bertanggung jawab untuk mengevaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat yang telah dilaksanakan oleh Pemkab selama tahun anggaran 2017.

“Evaluasi itu tertuang dalam bentuk keputusan DPRD tentang rekomendasi DPRD terhadap LKPj Bupati,” tegasnya.

Dijelaskannya lagi, substansi dari rekomendasi ini adalah tanggung jawab moral, kontribusi, dan respons dari DPRD terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah selama tahun anggaran 2017.

“Rekomendasi ini disusun berdasarkan aspirasi yang berkembang di masyarakat pada masa reses, kunjungan kerja, laporan masyarakat, dengar pendapat, monitoring dan evaluasi, serta kajian teknis yang dilakukan oleh DPRD selama 2017. Dengan harapan meningkatkan kualitas dan kuantitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka mewujudkan good dan clean government,” ungkapnya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru