Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Timur Tetapkan Pertumbuhan Ekonomi Makro 2018 hingga 5,6 Persen

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 25 April 2018 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) menetapkan sasaran pertumbuhan ekonomi makro 2018 antara 5,2 persen hingga 5,6 persen.

Untuk mencapai hal maka membutuhkan dorongan peningkatan permintaan domestik melalui investasi dan konsumsi rumah tangga.

"Dengan itu, maka pemerintah menargetkan penetapan modal tetap bruto (PMTB) tumbuh 6,0% hingga 6,6%. Dengan konsumsi rumah tangga yang harus tumbuh sebesar 5,1% hingga 5,2%," ujar Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri pada rapat koordinasi kegiatan penyusunan disegregasi PMTB di Aquarius Hotel, Rabu (25/4/2018).

Dari sisi pencapayan target pertumbuhan ekonomi tersebut membutuhkan reformasi kebijakan yang menyeluruh dan tepat sasaran. Tidak hanya itu, komitmen dari seluruh pemangku kepentingan untuk menyatukan langkah dalam mencapai target tersebut. 

"Harus ada komitmen menyeluruh, sehingga target tersebut bisa tercapai," ungkap Taufik. 

Ia juga menyebutkan bahwa untuk percepatan pertumbuhan investasi sebesar 6,0% hingga 6,6% tersebut diharapkan bersumber dari investasi swasta dan optimalisasi investasi pemerintah. Percepatan investasi swasta perlu dilakukan dengan terus memperbaiki iklim usaha, investasi, serta menghapuskan hambatan berkembanganya sektor swasta di sektor-sektor utama prioritas. 

Kebijakan utama untuk mendorong investasi secara berkesinambungan yang ada di daerah ini. Sehingga mempercepat pembangunan infrastruktur dan sektor riil, serta mendukung kepastian dan perlindungan usaha. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru