Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dahulukan Lansia dan Orang Cacat dalam Pelayanan KTP Elektronik

  • 25 April 2018 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Petugas yang melakukan perekaman data KTP elektronik, harus mendahulukan para lanjut usia dan orang cacat terlebih dahulu.

"Kasihan bila orang tua dan orang cacat bila menunggu antre terlalu lama. Jadi mereka harus diprioritaskan," ujar anggota DPRD Gunung Mas Herbert Y Asin, Rabu (25/4/2018).

Penekanan ini karena peralatan untuk perekaman data kartu tanda penduduk (KTP) elektronik di kecamatan di wilayah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) banyak yang rusak. Hanya satu alat yang berfungsi yakni yang ada di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Dengan kenyataan itu, masyarakat yang ingin melakukan perekaman KTP elektronik harus ke kantor Disdukcapil. Akibatnya masyarakat yang melakukan perekaman data menumpuk di kantor Disdukcapil, bahkan dalam satu hari lebih dari lima puluh orang yang melakukan perekaman data KTP elektronik.

Menurut Herbert, saat dirinya melakukan pemantauan pelayanan KTP elektronik, pemohon KTP membludak lantaran banyak alat perekaman data di kecamatan yang rusak.

"Kita harapkan permasalahan yang terjadi saat ini bisa cepat teratasi. Sehingga perekaman data masyarakat wajib KTP cepat tuntas," harapnya.  (EPRA SENTOSA/B-2)

Berita Terbaru