Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Resep Juhu Dawen Baluh

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Mei 2018 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Daun labu atau dalam bahasa Dayak disebut dawen baluh bukan barang baru bagi masyarakat Dayak.

Daun ini sering dijadikan bahan sayur karena memiliki cita rasa yang khas. Daun labu juga tidak bisa digantikan dengam sayuran hijau lainnya seperti bayam atau kangkung.

Selain daunnya yang lembut, tangkai daun labu ini juga renyah sehingga menciptakan sensasi tersendiri saat memakannya. Sayur ini sangat cocok bila dipadukan dengan ikan patin.

Berikut resep sayur daun labu ala borneonews.co.id.

Bahan:

- Kepala ikan patin 2-4 potong atau sesuai selera

- Daun labu, 1-2 ikat

- Singkong

- Labu kuning

- Kacang panjang

Bumbu:

- 4 buah bawang merah

- 4 siung bawang putih

- 2 buah kemiri

- 1 ruas jari kunyit

- 1 ruas jari jahe

- 2 ruas jari lengkuas digeprek

- serai

- asam jawa untuk dibalurkan pada ikan

- garam

- merica

- penyedap rasa

Cara memasak:

Balur kepala ikan patin dengan garam dan asam jawa. Diamkan 10 menit. Kemudian cuci bersih kepala ikan, gunanya untuk membuang lendir yang biasanya ada pada ikan patin.

Panaskan air untuk membuat juhu. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, dan jahe. Jika air telah mendidih, masukkan kepala ikan patin dan bumbu ke dalam panci. Masukkan juga serai dan lengkuas. Selanjutnya singkong dan labu kuning. Usahakan potongan singkong lebih besar daripada labu agar dapat matang bersamaan.

Jika kedua bahan yang keras ini telah matang, masukkan kacang panjang dan daun labu. Bumbui dengan garam, merica dan penyedap rasa, kemudian tes rasanya. Daun labu sangat cepat matang sehingga tidak perlu menunggu lama hingga api bisa dimatikan. Selamat mencoba. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru