Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani di Barito Timur Kembangkan Bawang dan Cabai

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 20 Mei 2018 - 13:42 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur mendorong para petani untuk mengembangkan bawang merah dan cabai, karena uji coba penanaman ini telah berhasil.

"Komoditas bawang merah dan cabai mempunyai potensi untuk dikembangkan. Setelah dilakukan uji coba penanaman dibeberapa lokasi hasilnya cukup memuaskan," kata Kadis Pertanian Bartim, Riza Rahmafi.

Riza menjelaskan tahun lalu sudah dilakukan uji tanam bawang merah di Kecamatan Dusun Tengah. Hasilnya cukup memuaskan.

Petani berhasil menyuplai bawang merah ke pasar Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel. Demikian pula hasil panen awal Februari 2018. Hasilnya disuplai ke pasar Barabai untuk memenuhi kebutuhan pasaran.

Bawang merah yang masih basah dijual dengan harga Rp25 ribu per Kg. Sedangkan cabai telah dikembangkan sejak beberapa tahun belakangan ini.

Hasilnya juga cukup memuaskan. "Harga cabai Rp25 ribu per Kg. Harga ini merupakan harga borongan, bukan eceran. Untuk cabai saja kita bisa produksi 800 Kg untuk disuplai ke Barabai," katanya.

Jika petani terus didorong untuk mengembangkan tananam bawang merah dan cabai, maka potensi untuk meningkatkan kesejahteraan petani semakin cepat.

"Kita dorong dengan mengembangkan luasan areal tanam bawang merah dan cabai. Untuk bawang merah 25 hektare dan cabe 15 hektare," tegasnya. (PRASOJO EKO APRIANTO/B-6)

Berita Terbaru