Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementerian Perdagangan Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Pasar Rakyat

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 10 Juli 2018 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kementerian Perdagangan yang menggandeng Sinar Mas Land menggelar sosialisasi dan pelatihan program pasar rakyat kepada masyarakat pelaku pasar tradisional di Palangka Raya.

Pelatihan tersebut bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa pasar tradisional berpotensi dan mampu bersaing dengan pasar modern yang mempunyai modal besar.

"Pelatihan ini kita tujukan kepada masyarakat karena saat ini pasar tradisional mendapat tantangan pasar modern seperti mini market yang hampir mempunyai cabang disetiap wilayah," ujar Direktorat Sarana Distribusi dan Logistik Kementrian Perdagangan, Sihar Hadjopan Pohan, Selasa (10/7/2018).

Sihar Pohan menjelaskan, nantinya pasar tradisional akan direnovasi seperti pasar modern, namun tetap menjaga nilai budaya tradisional. 

"Dengan perubahan pasar tradisional menjadi pasar tradisional modern, ditambah budaya jual beli yang tetap memasyarakat kita harapkan pasar yang dinaungi pemerintah kembali bisa eksis dan menjadi pilihan masyarakat untuk berbelanja," lanjutnya.

Sustainability Development Sinar Mas Land, Ilham Wahyudi menjelaskan, program pasar rakyat school merupakan salah satu program Sinar Mas Land dalam meningkatkan kualitas pasar yang telah berjalan sejak tahun 2016. 

Program Pasar Rakyat School yang telah diselenggarakan sebelumnya antara lain pelatihan kepada para pedagang mengenai berbagai hal mulai dari masalah sanitasi dan kualitas makanan dari BPOM serta Dinas Pertanian masalah pengelolaan keuangan oleh Bank Sinar Mas.

"Bahkan Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany pernah mengisi materi mengenai pentingnya pasar tradisional bagi perekonomian sebuah kota," ujar Ilham Wahyudi. (GAZALI/B-5)

Berita Terbaru