Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Update Terbaru! BMKG Sebut Getaran di Kasongan Adalah Gempa Tektonik 4,2 Skala Richter

  • 12 Juli 2018 - 19:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit, Nur Setiawan menyampaikan informasi terbaru terkait getaran yang terjadi di Kasongan, Kamis (12/7/2018) siang. Dipastikan getaran itu adalah gempa bumi.

Hal tersebut berdasarkan data dari Stasiun Geofisika Balikpapan dan membenarkan terjadinya gempa tektonik di Kasongan.

"Dari hasil analisis BMKG menunjukkan adanya gempa tektonik berkekuatan 4,2 Skala Richter. Dengan episenter terletak di koordinat 1,87 Lintang Selatan dan 113,43 Bujur Timur, tepatnya 70 km Barat Laut Kota Palangka Raya, pada kedalaman 5 km," kata Setiawan, Kamis (12/7/2018).

Gempa bumi dirasakan di daerah Katingan dalam skala intensitas IISIG-BMKG atau (III-IV MMI). Getaran itu bahkan menghebohkan warga yang berhamburan ke luar rumah.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," terangnya.

Dia melanjutkan, pihaknya masih belum dapat memastikan ada atau tidaknya gempa susulan. Namun masyarakat diimbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan dari Badan Pengawasan Bencana Daerah dan BMKG setempat. (ACHMAD SYIHABUDDIN/B-11)

Berita Terbaru