Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Sugianto Targetkan IPM Kalteng di Angka 7,0 Pada 2019

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 12 Juli 2018 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Gubernur Sugianto Sabran menargetkan angka Human Development Index (HDI) atau Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalimantan Tengah berada di angka 7,0 pada 2019 mendatang.

Dengan angka di atas 7,0, IPM Kalteng akan berada di level tinggi. Karena itu, Gubernur meminta seluruh jajarannya bekerja keras untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalteng.

Saat ini, IPM Kalteng berada di angka 69,79 (2017). Jika dirunut ke belakang, peningkatan IPM Kalteng terbilang perlahan. Pada 2013, IPM Kalteng di angka 67,41, pada 2014 naik menjadi 67,77 kemudian naik lagi pada 2015 menjadi 68,53. Lalu pada 2016 menjadi 69,13. Dengan angka ini, IMP Kalteng masuk kategori sedang karena di bawah 70,00.

“Kita berupaya terus meningkatkan kualitas pembangunan kita. Indikator IPM kita harus diperbaiki, kita targetkan mencapai angka 7 pada tahun depan,” ungkap Gubernur Sugianto.

IPM merupakan salah satu indikator penting dalam pembangunan. Terdiri dari indeks ekonomi (pendapatan riil per kapita), indeks pendidikan (angka melek huruf dan lama sekolah), dan indeks kesehatan (umur harapan hidup waktu lahir).

IPM menjelaskan cara penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. IPM merupakan pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan, dan standard hidup untuk seluruh negara di dunia.

IPM juga digunakan untuk mengklasifikasikan sebuah negara. Seperti negara maju, berkembang, atau terbelakang. Selain itu, untuk mengukur pengaruh dari kebijaksanaan ekonomi terhadap kualitas hidup. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru