Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Sawit Lokal Bisa Diselamatkan dengan Investasi Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit

  • Oleh Naco
  • 24 Juli 2018 - 21:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, H Supriadi  meminta agar masa depan petani kelapa sawit harus dipikirkan mulai sekarang.

"Pemkab harus berupaya memikikan pemasaran tandan buah segar, agar harganya tetap stabil," kata Supriadi, Selasa (24/7/2018).

Menurut Supriadi, solusi yang bisa dilakukan yakni dengan menarik investor luar yang bisa membangun industri hilir pengolahan minyak hasil dari kelapa sawit itu.

Industri hilir itu diharapkan mampu menghasilkan produk dari turunan kelapa sawit mulai dari minyak goreng, sabun, alat kosmetik dan lain sebagainya. 

Dia menambahkan, dengan membangun pabrik kelapa sawit, tentu dalam rangka menyelamatkan petani lokal dan sekaligus meningkatkan pendapatan asli daerah.    

Supriadi khawatir dengan kondisi beberapa tahun ke depan harga TBS dari warga ini sulit ditampung perusahaan. Sebab, bisa saja dengan berbagai alasan perusahaan yang memiliki pabrik kelapa sawit (PKS), seperti kelebihan buah.

"Jika ini terjadi tentu akan jadi ancaman yang luar biasa bagi kalangan petani," kata Supriadi.

Pembangunan pabrik kelapa sawit tersebut guna menyelamatkan petani kelapa sawit lokal. Pabrik ini nantinya dapat membantu petani lokal untuk menjual hasil panen kebun sawit secara mudah, tidak seperti terjadi sekarang. 

Dia meminta pemerintah tidak takut gagal. Jika belum mampu mandiri, maka melalui BUMD bisa bekerja sama dengan pihak ketiga untuk pembangunannya. (NACO/B-11) 

Berita Terbaru