Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasar Tanjung Puting Sepi Akibat Lemahnya Koordinasi

  • Oleh Andreansyah
  • 30 Juli 2018 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Pasar Tanjung Puting yang berada di Jalan HM Idris, Kelurahan Kumai Hulu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar, sangat sepi, baik dari keberadaan pedagang maupun pembeli.

Padahal lokasi pasar berdekatan dengan dermaga kapal yang biasa membawa wisatawan menuju objek wisata Taman Nasional Tanjung Puting.

Keadaan Pasar Tanjung Puting yang sepi aktivitas itu sangat disayangkan Ketua DPRD Kobar Triyanto.

"Ini karena lemahnya koordinasi. Sebenarnya dari kegiatan Festival Tanjung Puting 2018 dan dengan berkumpulnya orang banyak seharusnya memunculkan kreativitas dan inovasi yang menumbuhkan ekonomi pasar Tanjung Puting," ungkapnya, Senin (30/7/2018). 

Pasar Tanjung Puting dibangun pemerintah pusat menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan diperuntukan bagi komunitas dan produk keterampilan.

"Kita harus menghilangkan egosektoral untuk menghidupkan kembali ekonomi Pasar Tanjung Puting. Dinas Pasar dan Dinas Pariwisata harus duduk bersama-sama untuk memecahkan masalah dengan musyawarah. Sebenarnya ada berbagai cara agar pasar ini bisa menjadi ramai pembeli. Dari pengelola pasar bisa menjadikan lokasi itu untuk mengadakan berbagai kegiatan demi meningkatkan potensi pasar," ucapnya.

Triyanto menyebutkan, semestinya Pasar Tanjung Puting menjadi pasar cindera mata, kuliner, dan lainnya. Inilah pentingnya koordinasi lintas sektoral antara Dinas Pasar, Dinas Pariwisata, dan pelaku usaha wisata. (ANDREANSYAH/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru