Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Harus Sosialisasikan Program Kesehatan

  • Oleh Naco
  • 10 Januari 2019 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur H.Supriadi meminta agar pemerintah daerah menyosialisasikan program di sektor kesehatan kepada masyarakat.

Menurut dia, pemerintah kabupaten sudah menganggarkan program jaminan kesehatan untuk warga Kotim. Dari itu harus disosialisasikan pelaksanaannya seperti apa, serta ketentuannya bagaimana agar masyarakat tidak bingung. 

"Salah satunya adalah program dari  prosehati yang dialihkan ke Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Pasalnya tidak sedikit masyarakat masih bingung dengan program itu," kata dia, Kamis (10/1/2019).

Berdasarkan data pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), kata dia, penduduk Kotim yang telah terdata ada sebanyak 422.000 jiwa. Dari jumlah tersebut yang telah mendapat jaminan kesehatan atau masuk dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ada 309.637 jiwa.

Sehingga dari 309.637 jiwa yang telah terjamin program JKN tersebut nantinya akan mendapatkan perawatan di kelas III. Di sini, kata dia, banyak yang belum paham.

"Mereka sebagian mengira program Pro Sehati yang dihapus menganggap pemerintah tidak menanggung biaya kelas III padahal bukan begitu. Pemerintah mengintegrasikan dengan program jaminan kesehatan dari pemerintah daerah,“ tegas dia.

Menurutnya  tidak kurang dari Rp30 miliar anggaran yang disiapkan untuk pelaksanaan program  jaminan kesehatan warga Kotim itu. Bahkan dalam ketentuan sekitar 113.000 jiwa yang diakomodir  tahun ini.  Itu merupakan sisa yang  belum dijamin dalam program JKN KIS. (NACO/B-2)

Berita Terbaru