Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bank Indonesia Sampaikan Kondisi Keuangan dan Perekonomian Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Maret 2021 - 12:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Yudo Herlambang menyampaikan kondisi keuangan dan perekonomian Kalteng dalam Diseminasi Laporan Perekonomian Provinsi Kalimantan Tengah dengan tema 'Strategi Fiskal dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah' yang dilaksanakan secara virtual pada Kamis, 25 Maret 2021.

"Perekonomian Kalimantan Tengah triwulan IV 2020 mengalami perbaikan kontraksi dari 3,12% pada triwulan sebelumnya menjadi 2,10% (yoy) pada triwulan IV 2020. Perbaikan ekonomi terjadi pada hampir semua komponen PDRB sisi permintaan," kata Yudo dalam pemaparannya.

Membaiknya kinerja ekspor menurut Yudo ditopang meningkatnya ekspor batu bara dan perbaikan harga komoditas batu bara dan CPO global.

"Sisi konsumsi lembaga nonprofit rumah tangga juga menunjukkan pertumbuhan ditopang oleh adanya pemilihan kepala daerah Provinsi Kalimantan Tengah pada akhir tahun 2020. Konsumsi rumah tangga mengalami perlambatan karena masih adanya berbagai pembatasan mobilitas masyarakat oleh pemerintah dalam rangka mengendalikan penyebaran Covid-19," jelas Yudo.

Secara keseluruhan, kata Yudo, pada tahun 2020 ekonomi Kalimantan Tengah terkontraksi 1,40% (yoy), lebih baik dibandingkan nasional yang terkontraksi 2,07% (yoy). Dari sisi penawaran ekonomi Kalimantan Tengah ditopang oleh lapangan usaha pengadaan listrik, dan gas, jasa kesehatan dan kegiatan sosial, serta sektor informasi dan komunikasi.

"Dari sisi permintaan, lanjutnya, ekonomi Kalimantan Tengah ditopang oleh tumbuhnya konsumsi pemerintah di tengah melambatnya konsumsi rumah tangga dan terkontraksinya ekspor," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru