Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengangguran Picu Meningkatnya Kriminalitas

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 15 Juni 2021 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Banyak faktor penyebab atau pemicu terjadinya kriminalitas, salah satunya ialah pengaruh dari pengangguran. Untuk itu, Polres Kotawaringin Barat (Kobar) membuka Virtual Job Fair Presisi guna mengurangi angka pengangguran di Kobar.

Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah menyampaikan, bahwa berdasarkan penelitian yang ada, ada beberapa faktor penyebab kriminalitas termasuk pendidikan dan juga pengangguran di usia produktif. Dimana usia produktif yang menganggur dalam jangka panjang maka akan meningkatkan angka kriminalitas.

"Untuk itu, adanya Virtual Job Fair Presisi yang digagas Polres Kobar dalam menyambut hari Bhayangkara ke 75 ini, kami buat momen yang penting untuk mengurangi jumlah pengangguran, sehingga masyarakat sejahtera tingkat kemiskinan berkurang, secara otomatis kriminalitas juga berkurang," kata Devy Firmansyah.

Lanjutnya, Devy juga menyampaikan bahwa dalam sepakat terkahir, pihaknya telah banyak mendapat laporan atau aduan terkait kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Bahkan dalam sehari sempat ada empat laporan KDRT.

"Beberapa hari yang lalu saat saya kunjungan ke wilayah Kumai, itu ada 4 laporan KDRT. Hal - hal seperti inilah yang juga kita antisipasi, sebab permasalahan jelas karena ekonomi," kata Devy.

Terpisah, Kasatreskrim Polres Kobar AKP Rendra Aditia Dhani menambahkan bahwa sejauh ini sudah ada 8 perusahaan yang bergabung dalam program Virtual Job Fair Presisi, baik itu perusahaan bidang perkebunan dan perusahaan swasta lainnya.

Bagi para pencari kerja, silahkan memonitor di akun media sosial instagram @jobfairkobar_presisi. Jangan lupa siapkan data diri, ijazah, pas foto, CV dan SKCK.

"Semua akan dilakukan secara daring, mengingat saat ini masih mewabahnya pandemi Covid-19," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru