Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tekan Potensi Radikalisme Melalui Musik

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 07 September 2022 - 19:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Indonesia menekan potensi terjadinya radikalisme dan terorisme melalui festival musik bertajuk Aksi Musik Anak Bangsa (Asik Bang).

Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol Drs H. Akhmad Nurwakhid di Sidoarjo mengatakan dengan musik mampu menurunkan indek potensi radikalisme.

"Pada 2019 indek potensi radikalisme mencapai 38,4 persen dan menjadi 12,2 persen pada 2022, harapannya semoga bisa turun menjadi 5 persen," ujarnya dalam keterangan tertulisnya kepada Borneonews, Rabu 7 September 2022.

Nurwakhid mengatakan, seni budaya termasuk musik masuk dalam salah satu pendekatan pencegahan radikalisme dan terorisme melalui kebijakan pentahelix.

"Pendekatan pentahelix melibatkan multipihak dari pemerintah, akademika, dari media, pengusaha dan juga dari komunitas maupun organisasi kemasyarakatan baik itu keagamaan dan pegiat seni budaya," ujarnya.

Nurwakhid mengatakan, pendekatan dengan musik dan budaya dilakukan karena radikalisme dan terorisme yang selama ini menjiwai teroris memiliki karakter anti seni anti budaya serta kearifan lokal.

"Kegiatan ini kerjasama BNPT dengan forum koordinasi pencegahan terorisme (FKPT) provinsi Jawa Timur akan berlomba ke tingkat nasional. Mereka wajib menyanyikan lagu wajib 'Salam Indonesia Harmoni'," ujar mantan perwira polisi yang lama bertugas di Densus 88 tersebut. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru