Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kenali Tanda Penyakit Rabies pada Manusia

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Februari 2023 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penanggung Jawab Klinik Hewan milik Pemerintah Kota atau Pemko Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono mengajak masyarakat untuk mengenali tanda dan gejala jika penyakit rabies telah menular ke manusia.

"Virus rabies terdapat pada susunan saraf pusat yakni otak, juga terdapat pada semua hewan penderita rabies. Sehingga penularan rabies pada manusia atau hewan lain terjadi melalui gigitan hewan penderita rabies atau luka yang terkena air liur manusia atau hewan yang menderita rabies," kata drh Eko kepada Borneonews pada Sabtu, 25 Februari 2023.

Khusus untuk manusia, lanjut drh Eko, untuk mengetahui tanda rabies pada manusia, yang pertama harus diperhatikan adalah riwayat gigitan oleh hewan seperti anjing atau hewan penular rabies atau HPR lain seperti kucing, kera, atau musang.

"Pada manusia stadium permulaan, gejalanya sulit untuk diketahui. Namun biasanya didahului sakit kepala, lesu, mual, nafsu makan menurun, gugup dan nyeri pada luka bekas gigitan," katanya.

Kepala Puskeswan Kota Palangka Raya ini lalu menjelaskan bahwa jika pada stadium lebih lanjut, penderita akan mengalami kondisi air liur dan air mata yang keluar secara berlebihan.

"Selain itu, kepekaan terhadap sinar dan suara angin akan semakin meninggi. Ciri khas dari penderita rabies adalah rasa takut yang berlebihan pada air serta kejang-kejang yang disusul dengan kelumpuhan," tambahnya.

Pada umumnya, penderita meninggal 4-6 hari setelah gejala-gejala atau tanda-tanda pertama timbul, terlebih karena tidak segera mendapatkan Vaksin Anti Rabies atau VAR secepatnya setelah terkena gigitan HPR.

"Ini yang disinyalir terjadi sehingga sampai menimbulkan korban jiwa, dua orang manusia sebagai korban di Barito Selatan hingga Barsel ditetapkan berstatus KLB Rabies saat ini," terang drh Eko lagi. (TESTI PRISCILLA/J)

Berita Terbaru