Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Gunung Mas Integrasikan Pembangunan untuk Penuhi Hak Anak

  • Oleh Riska Yulyana
  • 17 April 2024 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah (Kalteng) mengintegrasikan pembangunan guna memenuhi hak-hak anak terutama di ruang-ruang publik.

"Kami tengah melakukan sinergi dan kolaborasi pada seluruh sistem pembangunan berbasis pemenuhan hak anak. Terutama di kawasan-kawasan publik," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Gumas, Richard, di Kuala Kurun, Rabu, 17 April 2024.

Di antara kawasan dimaksud seperti di sekolah, perkantoran pemerintahan, pusat layanan masyarakat dan tempat pertemuan terbuka seperti taman dan tempat-tempat wisata, sehingga nantinya hak-hak setiap anak di kabupaten itu benar-benar terjamin.

Dia pun mengajak seluruh elemen masyarakat mulai dari lembaga swadaya masyarakat, pelaku usaha, organisasi kemasyarakatan dan lainnya untuk turut membantu pemerintah dalam menjaga dan memastikan hak-hak anak terpenuhi, baik dari sisi pendidikan, keamanan, sosial, kesehatan dan sebagainya.

"Upaya ini sebagai bentuk komitmen kami untuk mewujudkan Gumas sebagai kabupaten layak anak. Predikat ini sendiri bagian dari indikator bahwa pemerintah sepenuhnya berupaya melindungi dan memenuhi hak anak," katanya.

Richard mengatakan, Pemkab Gumas mendorong Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (GT-KLA) semakin menyinergikan dan mengolaborasikan seluruh sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan seluruh sumber daya.

Menurut dia sumber daya manusia yang unggul harus dipersiapkan secara khusus melalui sebuah strategi dan sistem yang mampu mendukung terpenuhinya hak-hak anak. Dengan demikian mereka dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal, serta terlindungi dari berbagai tindak kekerasan dan diskriminasi.

“Kebijakan KLA bertujuan menyinergikan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, sehingga pemenuhan hak-hak anak dapat lebih dipastikan,” kata dia.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah Gumas, Yantrio Aulia mengatakan pihaknya juga telah melaksanakan rapat koordinasi terkait pemenuhan hak-hak anak dan perlindungan anak.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan komitmen dan kolaborasi semua pihak dalam menyelenggarakan GT-KLA di kabupaten bermoto "Habangkalan Penyang Karuhei Tatau" itu.

Dengan demikian diharapkan anggota GT-KLA Gunung Mas dapat mengimplementasikan kebijakan pemenuhan hak anak dan perlindungan terhadap anak secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Berita Terbaru