Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komoditas Kakao Diklaim akan Dapat Menjadi Peranan Penting Perekonomian Kalteng

  • Oleh Marini
  • 20 April 2024 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Komoditas kakao merupakan salah satu komoditas unggulan perkebunan Indonesia termasuk Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dapat memegang peranan cukup penting dalam perekonomian. 

Kakao sebagai sumber pendapatan petani, penciptaan lapangan kerja, mendorong agribisnis dan agroindustri serta pengembangan wilayah.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melalui Dinas Perkebunan (Disbun) mengangkat komoditas kakao, sehingga ke depannya bukan lagi sebagai komoditas terendah, tetapi akan menjadi komoditas utama di Kalteng.

Hal ini diutarakan Kepala Disbun Provinsi Kalteng Rizky Ramadhana Badjuri mengatakan dalam jangka waktu yang panjang, komoditas kakao turut memberi warna dalam perkembangan komoditas perkebunan Kalteng diantara 4 (empat) komoditas unggulan lainnya yaitu kelapa sawit, karet, kelapa dalam dan kopi.

“Komoditas Kakao di Kalteng sudah menunjukkan tren grafik keberhasilan, perkembangannya terlihat di wilayah Kabupaten Barito Utara, Barito Selatan, Barito Timur dan Murung Raya,” katanya, Sabtu 20 April 2024.

Ada beberapa faktor pendukung potensi tersebut antara lain luas lahan yang cukup sesuai untuk kakao, minat pekebun cukup tinggi, tersedianya bahan tanam unggul, tersedianya paket teknologi, tersedianya SDM peneliti yang berkualitas, dukungan pemerintah pusat dan daerah yang tinggi serta potensi pasar yang besar.

"Pada kondisi ekonomi saat ini, kita harus pandai menangkap peluang terbukanya pasar baru untuk komoditas kakao yang cukup memberikan dampak positif dalam perekonomian nasional," tandasnya. (MARINI/j)


TAGS:

Berita Terbaru