Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satpol PP Kota Palangka Raya Bakal Operasi Yustisia

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 12 Juli 2016 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palangka Raya bakal menggelar Operasi Yustisia dalam waktu dekat. Operasi ini untuk menjerat warga kota maupun pendatang yang tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP).

Kepala Satpol PP Baru I Sangkai mengungkapkan, pihaknya memang berkonsentrasi menegakkan aturan dalam peraturan daerah (perda). Apalagi perda mengenai administrasi kependudukan yang belum lama ini dilakukan revisi dan telah disahkan dalam Gedung DPRD Kota Palangka Raya.

'Kita akan lakukan razia KTP dan juga razia lainnya guna terjaganya ketertiban kota. Itu kan dalam rangka melaksanakan aturan dan menegakkan perda juga,' kata Baru kepada Borneonews, Senin (11/7/2016).

Selain itu, Operazi Yustisia ini memang berguna untuk menyisir penduduk pendatang yang tidak memiliki tujuan jelas ke Kota Cantik ini. Hal ini lazim dilakukan di kota-kota besar setelah lebaran, agar tidak tambah menumpuk jumlah penganggur di pusat kota akibat tidak jelasnya tujuan urbanisasi.

Selain itu operasi KTP memang sudah kerap dilakukan Satpol PP. Biasanya dilakukan di sekitar Stadion Tuah Pahoe Jalan Tjilik Riwut Km 5. Namun untuk kali ini Baru membantah menggunakan teknik konsentrasi seperti itu. 

'Nanti tidak lagi, tetapi kami menyisir ke fasilitas umum, pemerintahan, dan sebagainya. Dalam perda kan jelas, dendanya Rp100 ribu bagi yang tidak memiliki KTP. Kita usahakan akhir bulan ini bergerak. Kalau tidak ya awal Agustus lah,' tutupnya. (ROZIKIN/m)

Berita Terbaru