Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Salsabiilaa Roihanah Sukses Raih Medali Olimpiade hingga ke Luar Negeri

  • Oleh Oktrika Nugraheni
  • 19 Desember 2017 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Manis dan murah senyum. Itulah Salsabiilaa Roihanah. Penampilannya sederhana, tapi prestasi yang ia torehkan sangat luar biasa. Ia berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Siswi kelas XII SMA Semesta Semarang ini berhasil meraih Medali Perunggu di ajang International Junior Science Olympiad di Mendoza Argentina pada 2014 lalu. Kemudian pada tahun ini, ia juga meraih Medali perunggu pada ajang International Biology Olympiad di Coventry, United Kingdom.

Prestasi yang terukir tersebut tentu tidak didapatkan dengan mudah. Perjuangan remaja kelahiran Kediri, 18 Januari 2000 itu juga luar biasa. Ia menjadikan kegagalan sebagai sebuah proses untuk berusaha lebih keras. "Karena orang tua saya selalu berpesan 'selesaikan apa yang sudah kamu mulai'," katanya saat berbagi cerita di depan para peserta Seminar Sistem Olimpiade di Sekolah yang digelar di Aula Universitas Antakusuma Pangkalan Bun, Senin (18/12/2017).

Para peserta seminar pun banyak yang mempertanyakan strategi, upaya dan perjuangan hingga berhasil menjuarai olimpiade. Sebab, tidak sedikit remaja yang kesulitan membagi waktu antara belajar dan bermain. "Kuncinya adalah memilih teman. Kalau kita berteman dengan siswa yang berprestasi kita juga akan termotivasi untuk berprestasi," tutur gadis berkacamata ini.

Selain memilih teman, rasa ingin tahu yang besar menjadi kunci sebuah keberhasilan. "Kita harus merasa haus akan pengetahuan, kalau kita sudah penasaran terhadap sesuatu, tentu kita akan mencari tahu. Di sekolah merupakan kesempatan kita bertanya kepada guru, jangan sampai kita pulang ke rumah dengan masih menyisakan pertanyaan," urai pemilik blog coretansalsa.wordpress.com ini.

Lalu bagaimana awal ketertarikan dia dengan biologi "Awalnya sih biasa saja, mungkin karena guru melihat saya lebih menonjol di bidang biologi, makanya lebih diarahke ke sana," tuturnya. Tapi, ada banyak kenangan di masa kecil yang berkaitan dengan biologi. "Waktu itu, orang tua saya membelikan satu set CD Harun Yahya. Saya hampir menangis gara-gara membayangkan menjadi ikan salmon'betapa jauh jarak yang mereka tempuh dan betapa besar perjuangan mereka supaya dapat kembali ke tempat mereka dilahirkan," ceritanya. (OKTRIKA NUGRAHENI)

Berita Terbaru