Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Agustus, Imunisasi MR Serentak Dilaksanakan di Sekolah di Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 15 Agustus 2018 - 17:02 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pencanangan imunisasi campak/measles rubella (MR) oleh Wakil Bupati Barito Utara, Ompie Herby pada Agustus ini dilaksanakan diseluruh SD-SMP sederajat.

Pada September 2018, imunisasi MR akan dilakukan di Posyandu, Polindes, Poskesdes, Puskesmas Pembantu, Puskesmas dan Pos imunisasi lainnya dengan sasaran bayi usia 9- bulan-15 tahun.

“Rubella adalah penyakit akut dan ringan yang sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan. Dan yang menjadi perhatian adalah efek teraogenik apabila rubella ini menyerang ibu hamil pada trimester pertama,” kata Ompie Herby saat membacakan sambutan Bupati Barito Utara saat pencanangan iunisasi MR di halaman kantor bupati, Rabu (15/8/2018).

Dijelaskannya, infeksi rubella yang terjadi sebelum konsepsi dan selama awal kehamilan dapat menyebabkan abortus, kematian janin atau sindrom rubella congenital (kongenital rubella syndrome/csr) pada bayi yang dilahirkan.

Lebih lanjut Ompie mengatakan bayi, balita dan remaja sebagai generasi muda merupakan modal dasar pembangunan, keberhasilan dalam meningkatkan kualitas proses tumbuh kembang sangat berpengaruh dalam pembangunan derajat kesehatan sebagai upaya terwujudnya bangsa indonesia yang sejahtera.

“Sasaran dari kegiatan imunisasi MR adalah seluruh bayi berusia 9-15 tahun yang berjumlah sekitar 34.955 orang untuk Kabupaten Barito Utara dan insya Allah pelaksanaannya pada Agustus-September 2018,” katanya lagi.

Menurut Ompie Herby semua anak direntang usia itu wajib mendapatkan imunisasi, meski sebelumnya sudah mendapatkan imunisasi. Disamping itu, imunisasi MR ini tidak memerlukan izin tertulis atau individual informed consent.

“Pada kesempatan yang baik ini pula, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh jajaran Dinas Kesehatan dan semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan imunisasi Measles Rubella,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru