Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Duet Sakariyas - Sunardi Litang Diminta Buka Lapangan Pekerjaan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 08 September 2018 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Duet kepemimpinan Sakariyas - Sunardi Litang yang bakal memimpin Katingan untuk periode 2018-2023 diminta membuka seluasnya lapangan pekerjaan untuk mengurangi angka kemiskinan di daerah itu.

Pasalnya, sejauh ini angka kemiskinan di wilayah Kabupaten Katingan dinilai masih tinggi. "Harapan saya ke depan, duet Sakariyas dan Sunardi Litang yang akan memimpin Katingan untuk lima tahun akan datang harus membuka lapangan pekerjaan untuk mengurangi angka kemiskinan itu," sebut anggota DPRD Katingan, Karyadi, Sabtu (8/9/2018).

Dengan adanya lapangan pekerjaan baru ini, maka masyarakat akan terlibat ikut bekerja. Dengan memiliki pekerjaan maka warga akan mendapatkan penghasilkan sehingga taraf hidup warga akan meningkat.

Karyadi menggambarkan, lapangan pekerjaan itu bisa berasal dari investor yang menanamkan modalnya di Katingan, baik bidang perkebunan, pertambangan maupun bidang lainnya.

Dalam hal ini, pemerintah diharapkan bisa menggaet investor di berbagai bidang agar mau menanamkan modalnya di Bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Lainnya lapangan pekerjaan juga bisa dari APBD, misalnya dengan adanya proyek fisik di suatu tempat. Namun hal ini sifatnya tidak reguler.

"Yang jelas untuk mengentaskan kemiskinan itu pemerintah harus menciptakan industri hulu sampai industri hilir, yang sama-sama menyerap tenaga kerja," katanya.

Karyadi menyebut jika lapangan pekerjaan terbatas, maka biasanya yang akan terjadi adanya perpindahan penduduk dari desa ke kota (urbanisasi). "Selain itu kurangnya lapangan pekerjaan bisa saja ada perpindahan penduduk ke daerah lainnya," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru