Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Narapidana Nekat Gantung Diri Dikenal Pendiam 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 16 Oktober 2018 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Arifin (30), narapidana yang nekat mengakhiri hidupnya dengan gantung diri dikenal pendiam.  

Kepala Rutan, Akhmad Zaenal Fikri mengatakan, meski almarhum dikenal sebagai orang pendiam, tetap enak berbicara apabila diajak ngobrol oleh sesama napi. 

Di sisi lain, almarhum juga sempat bercerita ke napi lainnya bahwa dirinya jarang dibesuk oleh keluarganya. "Hanya sekilas cerita nggak pernah ditengokin sama keluarga. Kita tidak tahu, apakah itu benar atau tidak," ungkap Fikri, Selasa (16/10/2018). 

Mengenai kamar yang berisi 30 orang, Fikri menyebut itu merupakan bagian dari over kapasitas dalam Rutan. Selain itu, juga karena di Blok G terbilang blok yang dihuni oleh narapidana kasus biasa. 

Arifin ditemukan tergantung dalam kamar yang berada di Blok G, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya, Selasa (16/10/2018) sekitar pukul 05.00 WIB. 

Kamar tersebut berisikan 30 orang. Jenazah kemudian diantar ke kediamannya di Jalan Nangka, Kelurahan Agung Mulya, Kecamatan Telaga Antang, Kabupaten Kotim. 

Arifin sendiri menjalani proses hukum atas kasus penipuan dengan vonis 2 tahun. Ia masih menyisakan masa tahanan 1,4 tahun 12 hari. 

Seperti diberitakan, Arifin ditemukan pertama oleh Irmansyah saat hendak ke kamar kecil. Saat ditemukan, posisinya tergantung di kamar kecil menggunakan kain panjang yang biasa digunakan sebagai selimut. Satu jam sebelumnya, napi lainnya masih melihat almarhum duduk di dalam ruang tahanan tersebut.

Sementara itu, Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul Rein Krisman Siregar melalui Kasat Reskrim AKP Harman Subarkah mengatakan, dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) ditambah visum, tidak ditemukan adanya tanda kekerasan. 

Almarhum murni gantung diri. Diduga, tindakan nekat itu karena depresi atas kasus yang ia jalani. (BUDI YULIANTO/B-2) 

Berita Terbaru