Dewan Minta Masyarakat Waspadai Penyakit di Masa Pancaroba

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 Oktober 2018 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Surileli N Ladung meminta masyarakat agar mewaspadai penyakit yang bisa muncul pada masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan, yang biasanya lebih dikenal dengan masa pancaroba.

"Saat ini kota Palangka Raya sering diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Namun beberapa wilayah di Kalteng khususnya ada juga yang belum pernah diguyur hujan akibat hujan yang belum merata. Artinya tak lama lagi akan tiba musim hujan. Oleh karena itu, di masa-masa transisi peralihan musim seperti ini masyarakat kita imbau untuk waspada. Tak hanya waspada pada bencana alam musiman, namun juga waspada terhadap penyebaran penyakit," kata Surileli, Kamis (18/10/2018).

Menurut Politisi Golkar ini, penyakit seperti diare, muntaber, dan demam berdarah biasanya kerap datang di saat musim peralihan seperti ini.

"Penyakit-penyakit ini umumnya menyerang anak-anak tetapi tentu siapa saja termasuk orang dewasa dengan tingkat imunitas yang rendah akan sangat rawan terserang penyakit ini," tuturnya.

Jika ada anak yang terkena muntaber, lanjutnya kepada borneonews, bukan mustahil jika seisi rumah juga bisa tertular.

"Untuk menghindari hal tersebut, kami imbau masyarakat Kota Palangka Raya agar dapat menjaga dan menasehati anak-anaknya agar tidak jajan di tempat sembarangan melainkan yang terjamin kebersihannya. Juga biasakan untuk cuci tangan," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru