Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ritual Tiwah Diawali dengan Persiapan Rumit, Patut Dipelajari

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 November 2018 - 14:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ritual Tiwah diawali dengan persiapan rumit. Terkait itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah, Guntur Talajan mengatakan, hal tersebut patut untuk dipelajari.

"Ritual Tiwah ini persiapannya saja sudah rumit, bahkan pelaksanaannya pun cukup panjang dan sakral. Maka kami rasa patut untuk dipelajari masyarakat luas, agar diketahui dengan baik," kata Guntur, Minggu (18/11/2018).

Guntur mengatakan, tiwah merupakan upacara kematian tingkat terakhir. Dan bagi suku Dayak, kematian perlu disempurnakan dengan ritual lanjutan agar roh dapat hidup tenteram bersama Ranying Hatalla.

"Tradisi leluhur ratusan tahun ini mestinya bisa memikat wisatawan untuk mengetahui dan melihat secara dekat," tuturnya.

Ritual Tiwah, merupakan prosesi keagamaan dalam Hindu Kaharingan di Provinsi Kalimantan Tengah. Hindu Kaharingan merupakan kepercayaan asli suku Dayak.

"Tiwah diyakini sebagai proses dikembalikannya roh orang yang sudah meninggal kepada Sang Pencipta (Ranying Hattala Langit) atau ke alam suci abadi  yang disebut Lewu Tatau Dia Rumpang Tulang Rundung Isen Dia Kamelesu Uhat," jelas Guntur Talajan. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru