Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Ciri Guru Profesional

  • Oleh Ramadani
  • 03 Desember 2018 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh– Bupati Barito Utara Nadalsyah saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy pada peringatan Hari Guru Nasional di Muara Teweh, Senin (3/12/2018),  mengatakan bahwa terdapat tiga ciri yang harus dimiliki para guru profesional.

Tiga ciri tersebut yakni, guru yang memenuhi kompetensi dan keahlian sebagai pendidik, mampu membangun kesejawatan, dan mampu merawat jiwa sosial.

Bupati mengungkapkan, guru profesional adalah guru yang telah memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik. Perubahan zaman mendorong guru dapat menghadirkan pembelajaran abad XXI, yaitu menyiapkan peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi. 

“Hal itu tentu tidak akan dapat diwujudkan jika para guru berhenti belajar dan mengembangkan diri,” terangnya.

Kedua, lanjut dia,  seorang guru yang profesional hendaknya mampu membangun kesejawatan. Bersama rekan-rekan sejawat, guru terus belajar, mengembangkan diri, meningkatkan kecakapan untuk mengikuti laju perubahan zaman.

“Bersama teman sejawatnya pula guru terus merawat murwah dan menguatkan posisi profesinya. Jiwa korsa guru harus senantiasa dipupuk agar dapat saling membantu dan mengontrol satu sama lain."

Ketiga, samungnya, seorang guru yang profesional hendaknya mampu merawat jiwa sosial.

Para guru indonesia adalah para pejuang pendidikan yang sesungguhnya, yang menjalankan peran, tugas, dan tanggung jawab mulia sebagai panggilan jiwa.

“Dengan segala tantangan dan hambatan, para guru indonesia berada di garda terdepan dalam pencerdasan kehidupan bangsa,” pungkasnya.(RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru