Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penderita Demam Berdarah di Sukamara 2018 Naik 100 Persen

  • Oleh Norhasanah
  • 09 Januari 2019 - 13:06 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara menunjukkan jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) selama tahun 2018 meningkat lebih dari 100 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Sampai akhir 2018, ada sekitar 130 orang yang terkena DBD," ujar Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sukamara, Achmad Yani, Rabu (9/1/2019).

Jumlah tersebut meningkat jika dibanding 2017, di mana hanya ada 48 orang saja terkena DBD.

Melihat fenomena ini maka perlu ada upaya pencegahan agar tahun ini kasus DBD bisa ditekan. "Upaya pencegahan penyakit DBD harus dilaksanakan dengan peran serta masyarakat itu sendiri," kata Yani.

Yani melanjutkan, masyarakat bisa menerapkan 3M Plus, yakni dengan melaksanakan kegiatan Menutup, Mengubur dan Menguras serta menghindari gigitan nyamuk atau pembawa virus DBD.

"Fogging merupakan pilihan terakhir dan hanya mampu membunuh nyamuk dewasa, sementara jentik-jentik nya itu tidak mati dan akan kembali menjadi nyamuk," ujarnya.

Dirinya berharap, masyarakat tidak terfokus dengan fogging, namun denga melakukan pencegahan dengan melakukan pembasmian tempat-tempat yang dapat menjadi berkembangbiaknya nyamuk penyebab DBD. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru