Mulai Ada Perubahan pada Titi Wati, Kini Mampu Terlentang

  • Oleh Budi Yulianto
  • 12 Januari 2019 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tanda-tanda perubahan mulai terjadi pada Titi Wati (37) pasca dievakuasi dari tempat tinggalnya di Jalan G Obos XXV menuju RSUD dr Doris Sylvanus.

Salah satunya adalah Titi kini bisa terlentang cukup lama. Ia juga mulai bisa duduk meskipun hanya sebentar.

Sebelumnya, selama kurun waktu enam tahun atau jalan tujuh tahun, Titi hanya berbaring tengkurap. Ia tak mampu terlentang karena membuat dada sesak.

"Kondisi pasien saat ini relatif stabil dan saya melihat lebih semangat," kata Wakil Direktur RSUD dr Doris Sylvanus, Theodorus Sapta Atmadja, Sabtu (12/1/2019).

"Tadi bisa duduk walaupun belum lama. Kemudian juga bisa terlentang," imbuhnya.

Ia menuturkan, pasca tiba di rumah sakit, tim medis memberikan motivasi terhadap Titi sebelum nantinya menjalani operasi bariatrik.

Berkat motivasi itulah Titi bisa duduk dan terlentang. "Kita harus memotivasi karena saat operasi nanti pasien tidak bisa tengkurap. Jadi saat operasi posisinya harus terlentang," ungkapnya.

Theo menambahkan, saat ini Titi sedang menjalani tahapan sebelum masuk pada meja operasi. Di perkirakan membutuhkan waktu lima sampai dengan tujuh hari sebelum operasi.

Beberapa tahapan yang sudah dilalui yakni pemeriksaan ekokardiografi untuk melihat jantungnya dan spirometri uji kapasitas paru. Kemudian, USG perut dan dada.

Saat menjalani proses USG, puluhan anggota Tagana Provinsi Kalteng membawa Titi dari ruang Edelweis menuju ruang radiologi.

Berita Terbaru