Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UHC untuk Jaminan Kesehatan Seluruh Masyarakat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 16 Januari 2019 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Universal Health Coverage (UHC) atau jaminan kesehatan untuk seluruh lapisan masyarakat ditargetkan tercapai 100% pada 2019 ini. Karenanya, Komisi C DPRD Kota Palangka Raya memanggil jajaran BPJS Kesehatan dalam rapat dengar pendapat (RDP) kemarin.

"Kita tahu bahwa sekarang ini muncul kasus masyarakat yang sedang sakit dan membutuhkan jaminan untuk pelayanan kesehatan, sedangkan mereka belum terdaftar di dalam program JKN-KIS. Nah ini yang mau kita kejar melalui target UHC ini," kata Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Hj Mukarramah, Rabu (16/1/2019).

Masyarakat yang tidak terdaftar di BPJS Kesehatan ini, lanjut Mukarramah, berakibat pada tidak dimilikinya jaminan untuk medapatkan akses pelayanan kesehatan, dapat teratasi dengan UHC.

"Apabila sudah tercapai UHC program JKN-KIS, kita tidak perlu khawatir lagi akan ada masyarakat yang belum mempunyai jaminan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan," tuturnya.

Selain dihadiri oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palangka Raya dan Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, lanjutnya, pertemuan rapat dengar pendapat ini juga dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Dinas Sosial Kota Palangka Raya, serta Kabag Kesra Setda Kota Palangka Raya, dan juga perwakilan RSUD Kota Palangka Raya.

"Pertemuan tersebut diadakan dengan maksud untuk mencari solusi terhadap masyarakat Kota Palangka Raya yang sampai saat ini belum memiliki jaminan kesehatan dari program JKN-KIS," jelas Mukarramah.

Di dalam rapat tersebut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, Muhammad Masrur Ridwan menyampaikan pentingnya untuk segera mencapai UHC program JKN-KIS agar permasalahan terkait penjaminan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang belum terdaftar tidak ada lagi. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru