Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pelalawan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perusahaan Sawit Harus Waspadai Limbah Kolam Meluap

  • Oleh Naco
  • 16 Januari 2019 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kotawaringim Timur, H Dani Rakhman  meminta agar perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di Kotim mewaspadai limbah di kolam agar tidak meluap. 

Apalagi saat ini kondisi cuaca memasuki musim penghujan. Dia khawatir limbah meluap dan masuk ke anak sungai yang jadi sumber mata pencaharian masyarakat sekitar sehingga merugikan warga.

Dia meminta agar perusahaan yang memiliki pabrik mengantisipasi itu sedini mungkin. Selain itu, Dinas LIngkungan Hidup Kotim harus aktif mengawasi pengolahan limbah di seluruh pabrik kelapa sawit.  

"Saya katakan kalau kami tidak ingin limbah yang masih memiliki tingkat berbahaya masuk dalam sungai sehingga merusak ekosisten di sekitarnya," kata dia, Rabu (16/1/2019)

Menurutnya dengan curah hujan yang tinggi ini tidak menutup kemungkinan menambah volume kolam limbah sehingga terjadi luapan seperti kejadian beberapa waktu lalu. Apalagi jika ada di kolam ada yang masih berbahaya, makanya harus diantisipasi supaya tidak meluber.  

Anggota Komisi II yang membidangi urusan perkebunan ini menilai  selama ini memang belum pernah pihaknya menemukan pembuangan limbah secara langsung ke sungai atau sejenisnya oleh oknum perusahaan kelapa sawit. 

Namun, tidak menutup kemungkinan itu terjadi seperti halnya yang terjadi di Kabupaten Seruyan tepatnya di Danau Sembuluh beberapa waktu lalu. Dari itu kalau ada yang buang limbah sembarangan itu sanksinya berat. Bahkan hingga kepada penutupan dan pencabutan izin operasional pabrik itu sendiri.(NACO/B-2)

Berita Terbaru