Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Goes to School Diharapkan Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 Februari 2019 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Guna meningkatkan partisipasi pemilih terutama pemilih pemula, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melaksanakan KPU Goes to School ke sekolah tingkat atas, dengan sasaran siswa sudah berusia 17 tahun. 

Anggota KPU Kotim Muhammad Rifqi mengatakan, partisipasi pemilih adalah hal yang penting dalam Pemilihan Umum. 

Menurutnya, program sosialisasi yang KPU lakukan selama penyelenggaraan Pemilu 2019 bertujuan guna memberikan informasi secara dini kepada para pemilih pemula. Materi yang disampaikan antara lain tahapan dalam penyelenggaraan Pemilu 2019, daftar pemilih, dan tata cara memberikan suara di TPS.

“Selain tentang tahapan, yang terpenting adalah himbauan kepada siswa-siswi SMA sederajat agar cerdas dalam menetukan hak pilihnya, cermati visi dan misinya sekaligus untuk tidak menerima segala bentuk Politik Uang,” ujar Rifqi, Jumat (22/2/2019).

Sosialisasi tersebut juga sebagai upaya yang dilaksanakan KPU ke sekolah-sekolah yang ada di Kotim, dengan harapan agar para pemilih pemula nantinya ikut berperan aktif dalam peyebaran informasi di lingkungan sekolah dan dilingkungan tempat tinggal.

“KPU sebagai penyelenggara pemilu berharap para pemilih pemula agar berperan aktif dalam menggunakan hak pilihnya dimulai dengan mengecek di Daftar Pemilih Tetap apakah terdafaftar atau tidak, kalau tidak terdaftar segera melapor ke PPS atau langsung ke kantor KPU, sehingga para pemilih pemula menggunakan hak pilihnya dengan baik pada tanggal 17 April 2019 nanti”. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru