Dinas Pertanian Barito Utara Uji Coba Buat Keripik Cempedak

  • Oleh Ramadani
  • 22 Februari 2019 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara terus mengembangkan program pembangunan bidang pertanian. Kali ini melakukan uji coba pembuatan keripik berbahan buah cempedak.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara Setia Budi mengatakan, pihaknya telah melakukan uji coba mesin pembuat keripik buah. Salah satu buah yang diuji coba yakni cempedak.

“kami telah melakukan uji coba terhadap buah cempedak untuk dijadikan keripik, namun belum sempurna. Tetapi itu sudah dapat dikatakan sudah jadi keripik, tetapi belum krispi,” katanya, Jumat (22/2/2019).

Belum sempurna karena buah cempedak tingkat kevakuman yang diperlukan harus mencapai 70 lbs. Namun alat pengering atau alat pembuat keripik yang ada hanya dapat mencapai 60 lbs.

“Ini masih menjadi kendala dalam pembuatan keripik cempedak. Namun ini akan terus  dilakukaan uji coba terhadap mesin tersebut agar dapat mendapai tigkat kevakuman 70 lbs,” terangnya.

Mesim pembuat keripik dari Dinas Pertanian tersebut saat ini telah diserahkan kepada empat kelompok tani yang ada kabupaten Barito Utara.(RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru