Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Barito Selatan Selalu Siapkan Program Penanggulangan Gizi Buruk

  • Oleh Uriutu
  • 02 April 2019 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Selatan selalu menyiapkan program penanggulangan anak kurang gizi atau gizi buruk setiap tahunnya.

Kepala Dinkes Barsel Djulita K Palar mengatakan, untuk tahun ini pihaknya lebih mengintensifkan pengawasan dan sosialisasi kepada masyarakat. Serta berkoordinasi dengan camat, lurah, dan kepala desa.

“Kita juga meminta mereka melapor kepada kita jika menemukan anak yang mengalami gizi buruk. Sehingga kita cepat menanganinya,” kata Djulita K Palar, Selasa (2/4/2019). 

Selain itu, ada beberapa program yang akan dilaksanakan untuk mencegah dan menanggulangi gizi buruk. Antara lain memberdayakan masyarakat di setiap desa dengan mengaktifkan posyandu.

“Para petugas posyandu nantinya dengan terus melakukan berbagai kegiatan secara rutin seperti memberikan vitamin agar ibu hamil dan balita di desanya sehat diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut,” jelasnya. 

Ia menambahkan,  pihaknya juga menempatkan tenaga kesehatan, terutama bidan di sejumlah desa yang mengalami kekosongan untuk mengatasi warga yang mengalami gizi buruk.

“Karena, bidan merupakan ujung tombak untuk melakukan pemeriksaan dan pemantauan terhadap kondisi kesehatan baik ibu hamil maupun balita di desa,” ucapnya. 

Menurutnya, dengan begitu salah satu upaya untuk mencegah dan meminimalisir kejadian balita yang mengalami gizi buruk maupun kematian ibu saat melahirkan khusunya di wilayah Barsel ini. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru