Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

256 Siswa SMKN 1 Dusun Selatan Dilepas Praktik Kerja Lapangan

  • Oleh Uriutu
  • 08 April 2019 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Buntok– Sebanyak 256 siswa SMKN 1 Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, dilepas mengikuti praktik kerja lapangan (PKL). Seremonial digelar di halaman sekolah, Senin(8/4/2019).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Barsel Su’aib mengatakan, SMK perlu bekerja sama dengan dunia usaha dan industri. Mengingat merekalah pengguna jasa tamatan SMK.

“Salah satu bentuk kerja sama ini dalam hal PKL yang saat ini dilaksanakan siswa SMKN 1 Dusun Selatan. Yang mana pembelajaran dilakukan di dunia usaha dan industri,” kata Su’aib.

Menurutnya, pelaksanaan PKL merupakan implementasi dari seluruh pembelajaran yang sudah dilakukan di sekolah. Dan dasar keahlianpun telah diajarkan sejak siswa masuk ke lingkup SMKN 1.

Hal itu, lanjut dia, sesuai kompetensi yang dipilih dan sekarang akan diaplikasikan langsung ke lapangan.

“Dengan memasuki dunia usaha dan industri, diharapkan siswa SMK ini bisa langsung bekerja setelah lulus nanti dengan keahlian yang sudah dikantongi, bisa membantu mengurangi angka pengangguran,” ucap dia.

Ia menambahkan, dinamika dalam dunia kerja pasti berbeda dengan dalam sekolah. Inilah yang menjadi tantangan dan hal positif dari pelaksanaan PKL. 

Sehingga, lanjut dia, siswa dituntut untuk dapat menetapkan standar masing-masing dan menunjukkan bahwa mereka adalah calon pekerja andal. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru