Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Domestik ke TNTP melalui Open Trip

  • Oleh Andreansyah
  • 29 April 2019 - 20:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) mempunyai data tarik yang besar bagi wisatawan, baik mancanegara maupun domestik.

Namun, menurut Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah, selama ini kunjungan ke TNTP masih didominasi wisatawan mancenagera. Tercatat pada 2018 lalu, kunjungan wisatawan mancanegara ke TNTP mencapai 27 ribu prang. Sedangan wisatawan domestik hanya 9.000 orang.

"Terjadi perbandingan jauh antara wisatawan domestik dengan mancanegara. Ini menjadi pekerjaan kita sebagai tuan rumah untuk meningkatkan wisatawan domestik dan mancanegara agar sama-sama tinggi peminatnya," tutur Bupati, Senin, 29 April 2019. 

Ia melanjutkan, pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke TNTP hingga 2022 mendatang bisa mencapai 100 ribu orang per tahun. Meski hal ini bukan perkara mudah, upaya terus dilakukan untuk bisa mengejar target tersebut. 

"Selama ini TNTP memang sangat familiar di kancah internasional. Sejumlah wisatawan dari negara Spanyol, Belanda, dan Tiongkok sangat mendominasi pelancu ke TNTP. Sementara itu, yang harus ditingkatkan ini wisatawan domestik," kata Bupati Nurhidayah. 

Menurutnya, selain melakukan berbagai promosi di sejumlah even, Pemkab Kobar juga mempunyai cara untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik.

"Salah satu cara untuk meningkatkan wisatawan domestik, para agen wisata di Kobar mulai membuka open trip. Sehingga biaya jauh lebih ringan," ujarnya. (Andreansyah/B-3)

Berita Terbaru