Berkat Program B20, Berlian Laju Tanker Kebanjiran Order

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 10 Mei 2019 - 08:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Perusahaan tanker PT Berlian Laju Tanker Tbk (BLTA) optimistis permintaan pengangkutan tanker tahun ini akan meningkat. 

Salah satu indikasinya adalah kebijakan biodiesel B20 yang diprediksi bakal meningkatkan permintaan pengangkutan minyak kelapa sawit.

Kendati demikian, BLTA tidak bisa terlalu agresif mengingat perusahaan masih kesulitan memperoleh pendanaan dari bank. Tapi BLTA masih yakin dan masih bisa memanfaatkan peluang dari kebijakan B20 tersebut.

"Kebijakan itu bisa menyumbang pertumbuhan pendapatan BLTA sebesar 10%. Dalam kondisi tak mampu membeli kapal baru, demi memenuhi permintaan pasar, BLTA bakal menyewa dua kapal tanker, ini salah satu peningkatan pendapatan dari non asset based," kata Direktur Independen PT Berlian Laju Tanker Tbk, Benny Rachmat, di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Dua kapal yang akan disewa itu nantinya bakal digunakan untuk pengangkutan minyak sawit mentah (CPO). 

Saat ini, BLTA memiliki delapan kapal yang dalam kondisi terikat kontrak. Dari delapan kapal milik BLTA, kapasitasnya bervariasi dari 5.000 DWT sampai 17.000 DWT.

"Mayoritas komoditas yang diangkut BLTA selama ini adalah minyak kelapa sawit. Jika dilihat dari laporan keuangan, terdapat tiga segmen komoditas yang diangkut BLTA, yakni chemical, gas, dan lainnya," papar Benny. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru