Disnakertran Seruyan akan Gelar Pelatihan Pemanenan Buah Sawit

  • Oleh Reno
  • 24 Mei 2019 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Guna mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Seruyan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertran setempat akan menggelar pelatihan keahlian pemanenan buah kelapa sawit.

Pelatihan tenaga kerja ini dikhususkan bagi warga desa yang masuk ring 1 Perusahaan Besar Swasta atau PBS Kelapa Sawit yang beroperasi.

"Seperti di Perusahaan Sinarmas, kita sudah komunikasi dengan mereka. Karena kategori tenaga pemanen harus ahlinya, maka kita berikan pelatihan kepada calon pekerja," ungkap Kepala Disnakertran Wiktor T Nyarang, di Kuala Pembuang, Kamis 23 Mei 2017.

Menurut Wiktor, kerjasama tersebut akan dilakukan bersama dengan PT Sinarmas, lantaran anggaran mereka tidak tersedia untuk memberikan pelatihan tersebut.

"Karena beberapa waktu ada warga yang ingin bekerja sekitar 35 orang, sementara mereka tidak memiliki keahlian yang dipersyaratkan oleh perusahaan. Nah disini kita cari solusinya supaya dilatih lebih dulu sebelum melamar," jelasnya.

Dengan memiliki keahlian akan menjadi pertimbangan atau nilai plus bagi perusahaan yang aedang mencari tenaga kerja untuk formasi tersebut.

"Bisa saja nanti kalau ada perusahaan lainnya membuka lowongan yang sama, jadi mereka bisa melamar sesuai dengan keahlian yang sudah dimiliki tersebut," tukas Wiktor. (RENO/B-5)

Berita Terbaru