Kepala KSOP Kumai Pastikan Kondisi Cuaca Aman untuk Berlayar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 16 Juni 2019 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Arus balik pasca-Lebaran melalui jalur laut di Pelabuhan Panglima Utar, Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, masih berlanjut.

Meski curah hujan dengan intensitas tinggi kerap mengguyur wilayah Kotawaringin Barat, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kumai Wahyu Prihanto, memastikan cuaca aman untuk pelayaran.

"Cuaca saat ini masih aman untuk berlayar. Tinggi ombak di Laut Jawa  sekitar 2 - 2,5 meter. Dan setiap hari dapat berupah. Kita selalu monitoring dan komunikasi dengan daerah tujuan," ujar Wahyu Prihanto, Minggu, 16 Juni 2019.

Ia melanjukan, pihaknya juga selalu berkordinasikan dengan Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Syahbandar di lokasi keberangkatan, baik dari Pelabuhan Tanjung Perak maupun Pelabuhan Tanjung Mas.

"Kita kordinasikan bagaimana kondisi cuaca saat itu kemudian kepada awak kapal  kami meminta berita terkait perjalanan," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapakan data dari BMKG dapat selalu diminta kapanpun bila diperlukan. Sehingga kondisi cuaca dapat diketahui dan diperkirakan.

"Sehingga dari jangkauan per minggu ataupun hari ini kondisi cuaca dapat langsung diketahui," ujarnya.

Ia berharap, kondisi cuaca saat ini tidak menjadi hambatan pelayaran ke Kumai, begitu juga sebaliknya. (DANANG/B-3)

Berita Terbaru