Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penjelasan Medis dari Fenomena Sunat Jin

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 Juni 2019 - 12:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Fenomena sunat jin atau alat kelamin laki-laki yang terlihat seperti dikhitan secara mendadak ternyata adalah kelainan kulup kelamin.

Menurut Kepala Puskesmas Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat dr Abimanyu, Minggu, 23 Juni 2019 kelainan itu dalam istilah media bernama parafimosis.

"Parafimosis dalam istilah medis yaitu kondisi kulup tidak bisa kembali ke posisi semula setelah ditarik dalam waktu yang cukup lama. Karena itu parafimosis hanya terjadi pada pria yang belum menjalani sunat," jelasnya.

Kondisi ini menurut mitos yang dipercaya masyarakat awam adalah fenomena sunat jin. "Lantaran itu hanya mitos, sehingga masyarakat diharapkan jangan terus mempercayai hal yang di luar nalar. Penderita parafimosis harus segera mendapatkan penanganan medis," jelasnya.

Penyebab kondisi ini menurut Abimanyu adalah kelainan kulup kelamin laki-laki. "Kemungkinannya kulup kelamin tersebut secara tidak sengaja tertarik kebagian dalam penis dan tidak bisa kembali," imbuhnya.

Dia sendiri mengaku mendapatkan laporan masyarakat terkait adanya peristiwa itu di Desa Sungai Tendang.

"Kami berharap agar keluarga bocah segera membawa anaknya ke puskesmas. Penanganannya seperti yang dijelaskan tadi yaitu harus disunat. Bila anaknya masih kecil kemungkinan pembiusan total bakal dilakukan. Kalau sudah agak besar bisa saja dilkaukna bius lokal," tandasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru