Bule Australia Ini Sunting Wanita Kotawaringin Barat

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 25 Juni 2019 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Disdukcapil Kotawaringin Barat kesekian kalinya membuatkan akta nikah atau pencatatan sipil, untuk pasangan antar negara yang telah melangsungkan pernikahan di Kotawaringin Barat.

Pasangan yang baru melangsungkan pernikahan yaitu bule asal Australia, Darren Scout Martin (51) dengan Susi (27) wanita asal Desa Natai Raya, Pangkalan Lima Kecamatan Arut Selatan, Kotawaringin Barat.

Pernikahan tersebut berlangsung di Gereja Pantekosta Jemaat Eben Heizer, pada Senin, 24 Juni 2019.

Kepala Bidang Pelayanan dan Catatan Sipil Disdukcapil Kotawaringin Barat Teguh Pramono membenarkan ada pernikahan antar negara dan telah menyelesaikan pencatatan sipil.

"Kemarin ada satu pasangan antar negara, yaitu warga Australia dengan warga Kobar yang mengurus catatan sipil dan sudah selesai," ujarnya kepada Borneonews, Selasa, 25 Juni 2019.


Dia menjelaskan, pihaknya berani mengeluarkan dokumen catatan sipil ketika ada surat resmi dari konselor kedutaan Australia. 

"Setelah menikah di gereja mereka langsung prosesi pencatatan sipil, langsung berdua disini, bersama saksi, lengkap semuanya," ungkapnya.

Pernikahan warga negara asing denga warga Indonesia di Kobar sudah tidak asing, karena sejak dua tahun terkahir Disdukcapil sudah pernah mengurus proses pencatatan sipil untuk pernikahan warga antar negara.

"Seperti di tahun 2017, ada 2 warga Kobar yang menikah dengan warga negara Korea, tahun 2018, juga dengan warga korea, kemudian pada tahun ini Susi dengan Darren warga negara Australia, menurut pengakuan Susi mereka berkenalan lewat aplikasi biro jodoh," ungkapnya. 

Diketahui Dareen telah lama bekerja di salah satu perushaan sawit di Kobar sebagai pilot pupuk, dan statusnya masih menjadi warga negara asing, ia tinggal di Indonesia menggunakan paspor kerja yang ada masa berlakunya.(DANANG/B-5)

Berita Terbaru