Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Targetkan Ribuan Wisatawan pada Festival Balayah Lanting 2019

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 12 Juli 2019 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Festival Balayah Lanting Kabupaten Lamandau Tahun 2019 ditarget mampu mendatangkan ribuan wisatawan. Kegiatan dengan tajuk 'Bergerak Maju dengan Bambu', yang akan menyajikan 8 acara inti itu akan berlangsung selama tiga hari, yakni 19 hingga 21 Juli 2019.

"Festival Balayah Lanting tahun ini kita target mampu mendatangkan ribuan orang, dengan estimasi sekitar 3000 pengunjung secara akumulatif selama tiga hari kegiatan, baik itu peserta atau wisatawan secara umum," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lamandau Frans Effendy melalui Kasi Tata Kelola Destinasi, Edmond Lamey, Jumat, 12 Juli 2019.

Edmond juga menyebut, sebagai salahsatu event tahunan dalam kalender wisata unggulan Pemerintah Kabupaten Lamandau, Festival Balayah Lanting diharapkan memberi dampak positif bagi daerah, terutama bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

Karenanya, kata Edmond, event Festival Balayah Lanting juga diharapkan dapat menjadi sarana bagi pegiat sektor Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM untuk mengais rezeki dari penjualan produk andalannya.

Pada event Festival Balayah Lanting juga panitia secara khusus memfasilitasi pegiat UMKM dengan mengadakan Bazaar produk kerajinan kreatif. Menurut Edmond, Bazaar tersebut merupakan salahsatu ruang khusus dalam memasarkan produk UMKM.

Edmond meyakini, Festival Balayah Lanting tahun 2019 akan dikunjungi banyak wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Terlebih, kata dia, berbagai rangkaian kegiatan yang disajikan merupakan kegiatan yang sedang digandrungi wisatawan, yakni kegiatan yang berkaitan langsung dengan alam yang ditopang kuat dengan kebudayaan khas masyarakat setempat.

Diketahui, pada Festival Balayah Lanting 2019 panitia akan menyelenggarakan 8 rangkaian acara inti, meliputi Fun Trekking ke Air Terjun Tambai Desa Wisata Penyombaan, Fun Camping serta Pertunjukan Seni Tradisional di Camping Ground Desa Wisata Lopus, Bamboo Rafting dengan lokasi start Desa Lopus dan posisi finish di Desa Riam Tinggi.

Selain itu, ada juga Diskusi Pariwisata, Funs Selfie di Bukit Lubang Kilat Desa Riam Tinggi, Pameran dan Lomba Fotografi dengan tema Pariwisata, serta Bazaar Produk Kerajinan Kreatif. (HENDI NURFALAH/B-2)

Berita Terbaru